FTC Melaporkan Konsumen Kehilangan $330 Juta karena Teks Penipuan pada tahun 2022 – CNET

FTC Melaporkan Konsumen Kehilangan $330 Juta karena Teks Penipuan pada tahun 2022 - CNET

Seiring kemajuan teknologi, begitu pula metode yang digunakan oleh scammers untuk menipu dan menipu individu yang tidak menaruh curiga. Salah satu metode yang sedang naik daun adalah penggunaan pesan teks untuk menyebarkan penipuan. Federal Trade Commission (FTC) telah mengeluarkan peringatan kepada masyarakat untuk berhati-hati sebelum membuka SMS yang mungkin tampak mencurigakan.

Penipu menggunakan pesan teks untuk mengelabui individu agar memberikan informasi pribadi atau mengirim uang. Pesan-pesan ini mungkin tampak berasal dari sumber yang sah, seperti bank atau lembaga pemerintah, tetapi sebenarnya berasal dari penipu yang mencoba mencuri identitas atau uang Anda.

Salah satu penipuan umum melibatkan penerimaan pesan teks yang mengaku berasal dari bank Anda, yang menyatakan bahwa telah terjadi aktivitas mencurigakan di akun Anda dan Anda perlu mengeklik tautan untuk memverifikasi informasi Anda. Namun, tautan tersebut mengarah ke situs web palsu yang terlihat seperti situs web bank Anda, tetapi sebenarnya dirancang untuk mencuri kredensial login Anda dan informasi pribadi lainnya.

Penipuan lain melibatkan penerimaan pesan teks yang mengklaim bahwa Anda telah memenangkan hadiah atau kartu hadiah, tetapi untuk mengklaimnya, Anda perlu memberikan informasi pribadi atau membayar biaya. Pesan-pesan ini dirancang untuk mengelabui Anda agar memberikan informasi pribadi Anda atau mengirimkan uang, tetapi kenyataannya, tidak ada hadiah atau kartu hadiah.

Untuk menghindari menjadi korban penipuan ini, penting untuk berhati-hati sebelum membuka SMS apa pun yang tampak mencurigakan. Jika Anda menerima pesan teks yang mengaku berasal dari bank Anda atau sumber lain yang sah, jangan mengklik tautan apa pun atau memberikan informasi pribadi apa pun. Alih-alih, hubungi organisasi secara langsung menggunakan nomor telepon atau alamat email yang Anda tahu sah.

Selain itu, jangan pernah mengirimkan uang atau memberikan informasi pribadi sebagai tanggapan atas pesan teks yang menyatakan bahwa Anda telah memenangkan hadiah atau kartu hadiah. Organisasi yang sah tidak akan pernah meminta Anda membayar biaya atau memberikan informasi pribadi untuk mengklaim hadiah.

Kesimpulannya, penting untuk waspada dan berhati-hati ketika datang ke pesan teks. Penipu menggunakan metode ini untuk menyebarkan skema penipuan mereka, tetapi dengan hati-hati dan sadar, Anda dapat melindungi diri dari menjadi korban penipuan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *